Sabtu, Desember 01, 2007

"PESTA" LSM DAN RELAWAN

Oleh : Rasid Rachman

Sesaat setelah bencana tsunami 26 Desember 2004 terjadi, berbagai Lembaga Swadaya Masyarakat dan relawan turun membantu. Istilah yang tepat adalah bukan membantu, melainkan pergi ke daerah bencana: Aceh dan Nias.
Gunung Sitoli hanya memiliki sedikit hotel. Di sedikit hotel itu kami menjumpai berbagai LSM dan relawan, baik nasional maupun internasional, baik lembaga bonafit maupun personal. Ketegangan dan kelelahan menuju Sitoli yang luar biasa saat itu sedikit terobati dengan bertemu berbagai orang dengan tujuan yang sama. Suasana di lobi hotel dan sekitarnya laksana pesta LSM dan relawan. Selain berkenalan, tukar menukar informasi dan janji bekerja sama pun diucapkan. Ada yang janji kerja sama membangun sejumlah rumah di Sirombu. Ada yang saling janji untuk membantunya menjadi relawan bulan depan di Mandrehe. Ada yang janji untuk segera bikin rapat bersama langsung begitu tiba di Jakarta. Ada yang berjanji untuk terus kontak satu sama lain untuk meneruskan pekerjaan yang belum selesai.
"Pesta" telah membuat banyak orang lupa diri. Di Nias, ada janji untuk bertemu. Sepulang dari Nias, kembali ke tugas, urusan, dan bisnis masing-masing.

Tidak ada komentar: