Minggu, Februari 03, 2008

SUSUNAN PM-GKI


Oleh : Rasid Rachman

Hingga 2-3 tahun setelah dilembagakan, susunan program dalam organisasi Majelis Jemaat adalah sebagai berikut:
1. Sarana-Prasarana
2. Pembinaan
3. Oikumene-Masyarakat
4. Kebersamaan

Susunan tersebut berbeda dengan prinsip Program Menyeluruh Gereja Kristen Indonesia (PM-GKI) yang menelurkan kegiatan Jemaat menurut bidang-bidang. Menurut buku PM-GKI, urutannya adalah sebagai berikut:
1. Oikumene-Masyarakat
2. Kebersamaan
3. Pembinaan
4. Sarana-Prasarana


Dengan penasaran saya bertanya-tanya. Eh, ternyata dasar pembidangan tersebut adalah berdasarkan inisial huruf S-P-O-K. Apakah dasar S-P-O-K tersebut? Mengapa bukan K-O-P-S supaya alfabetis?
Saya mengetahui S-P-O-K sewaktu mendapat pelajaran Bahasa Indonesia di SMP dahulu kala. Dugaan saya, jangan-jangan Jemaat Perumnas memang terpengaruh dengan sistem Subjek-Predikat-Objek-Keterangan dalam bahasa Indonesia itu. Dugaan ini meleset, sebab seingat saya tidak ada lagi yang ingat pelajaran Bahasa Indonesia waktu SMP. Hingga kini, kecuali karena warisan, saya tidak tahu dari mana datangnya SPOK-nya GKI Perumnas-Tangerang tersebut. Wahahualam. ©

Tidak ada komentar: